BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pertarungan Prabowo melawan Anies dan Ganjar

Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) telah merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada bulan Desember 2023. Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan calon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menempel pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ganjar-Mahfud menduduki urutan kedua dengan perolehan suara sebesar 29,1 persen, yang mendekati Prabowo-Gibran yang berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebesar 39,4 persen. Sementara itu, pasangan calon nomor urut 3, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), berada di posisi terakhir dengan perolehan suara sebesar 25,6 persen. Sebanyak 4,4 persen responden menyatakan belum memutuskan pilihan, 1,0 persen memilih untuk merahasiakan pilihan mereka, dan 0,5 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, menyatakan bahwa Ganjar-Mahfud harus memperoleh perolehan suara yang besar di Provinsi Jawa Barat. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mempertahankan perolehan suara di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mencapai 55,9 persen.

Hadi menambahkan bahwa Pilpres 2024 kemungkinan besar akan dilakukan dalam dua putaran berdasarkan hasil survei ICRC periode Desember 2023. Survei ini melibatkan 1.230 responden, dengan margin of error sebesar kurang lebih 2,79 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, dengan pengumpulan data dilakukan pada tanggal 20-26 Desember 2023 melalui wawancara telepon oleh pewawancara terlatih.

Selengkapnya, bisa diakses di sini.