BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

BMKG: Ancaman Debu Vulkanik dari 5 Gunung Berapi Berbahaya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait dengan potensi gelombang tinggi hingga 6 meter di perairan Indonesia. Selain itu, BMKG juga memperingatkan adanya potensi hujan sedang-lebat yang mengancam wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, hal tersebut berdasarkan hasil analisis terkini. Hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih berpeluang terjadi di sebagian wilayah Indonesia selama periode Natal 2023-Tahun Baru 2024.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan tentang adanya debu vulkanik di beberapa gunung berapi di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Gunung Marapi, Gunung Semeru, Gunung Dukono, Gunung Ibu, dan Gunung Lewotobi.

Gunung Marapi terletak di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Pada tanggal 22 Desember 2023, dilaporkan abu vulkanik tidak teramati dan kode warna penerbangan Orange.

Gunung Semeru terletak di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pada tanggal 23 Desember 2023, terjadi erupsi dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 4476 meter dan intensitas pekat.

Gunung Dukono terletak di Popilo Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Pada tanggal 19 Desember 2023, dilaporkan terjadi erupsi dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 3229 meter dan intensitas pekat.

Gunung Ibu terletak di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Pada tanggal 17 Desember 2023, terjadi erupsi dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 2325 meter dan intensitas pekat.

Gunung Lewotobi terletak di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada tanggal 23 Desember 2023, terjadi erupsi dengan ketinggian abu vulkanik mencapai 3084 meter dan intensitas pekat.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Informasi cuaca dan peringatan dini lebih lengkap dapat diakses melalui aplikasi @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id.