BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Peran Penting Sektor Pertanian dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Transisi Energi

Peran Penting Sektor Pertanian dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Transisi Energi

Jumat, 20 Oktober 2023 – 19:44 WIB

Jakarta – Shell Indonesia menegaskan komitmenya membantu sektor pertanian untuk menghadapi segala tantangan saat ini. Hal itu dilakukan dengan menghadirkan Shell ExpertConnect, yang mempertemukan para ahli dan pemangku kepentingan di industri dengan berbagai latar bidang keahlian yang terkait hal tersebut.

Baca Juga :

Sri Mulyani Rilis Aturan Penggunaan APBN untuk Pensiun Dini PLTU Batu Bara

Vice President Sales B2B Lubricants Shell Indonesia, Edward Satrio mengatakan, program tersebut membahas lebih lanjut berbagai tantangan, tren, dan alternatif solusi sektor pertanian di masa depan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan.

“Shell memahami bahwa sektor pertanian memegang peranan yang sentral untuk mendorong roda perekonomian Indonesia dan transisi energi. Inovasi produk pelumas dan services dari Shell yang mengadopsi teknologi sangat relevan untuk mendukung produktivitas dan efisiensi industri pertanian, dan memberikan total value efisiensi,” kata Edward dalam keterangannya Jumat, 20 Oktober 2023.

Baca Juga :

Tantangan Global Semakin Berat, Pengamat: RI Butuh Pemimpin yang Paham Ekonomi

Espert Connect 2023.

Photo :

  • Dokumentasi Shell Indonesia.

Menurutnya, hal itu juga sejalan dengan strategi ‘Powering Progress Shell’ secara global dalam mempercepat transisi bisnis menuju net-zero emission pada tahun 2050.

Baca Juga :

Peringati Hari Jadi Kota Batu Ke-22, bankjatim Serahkan CSR dan Branding Pasar Induk Among Tani

Sementara itu, Ketua Kelompok Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian, Normansyah Hidayat Syahruddin mengatakan bahwa sektor pertanian Indonesia saat ini sedang berada pada kondisi yang sangat positif.

“Tentunya, hal ini tidak terlepas dari dukungan serta kolaborasi strategis dari berbagai pihak, termasuk sektor swasta. Tren positif ini harus terus dimanfaatkan,” jelasnya.

Lahan pertanian siap panen di Panggang Gunungkidul (26/01/2023)

Lahan pertanian siap panen di Panggang Gunungkidul (26/01/2023)

“Untuk itu, Pemerintah selalu terbuka untuk berbagai kerja sama agar dapat memperoleh berbagai solusi inovatif bagi tantangan yang ada,” tambahnya.

Normansyah melanjutkan bahwa sektor kelapa sawit merupakan sektor paling strategis dan memberikan kontribusi secara signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Hal ini baik dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan ekspor, neraca perdagangan, dan menurunkan inflasi serta mensubstitusi bahan bakar fosil dengan energi terbarukan untuk memperkuat energi nasional.

Halaman Selanjutnya

Source : vstory

Halaman Selanjutnya