BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Jokowi Menerima Surat Kepercayaan dari 10 Dubes, Termasuk Dari Denmark dan Cile

Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari sepuluh duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/12/2023). Sepuluh dubes tersebut berasal dari Denmark, Kamboja, Kazakhstan, Rwanda, Pakistan, Cile, Laos, Kanada, dan Yordania.

“Fokus hubungan bilateral kita dengan 10 negara tersebut akan banyak terfokus pada kerja sama ekonomi,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Retno menjelaskan bahwa tren perdagangan Indonesia dengan kesepuluh negara tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Selain itu, dari 10 negara sahabat tersebut, perdagangan Indonesia mengalami surplus dengan enam negara.

Volume perdagangan terbesar dilakukan dengan Pakistan dan investasi tertinggi yang masuk ke Indonesia dilakukan dengan Yordania. Lebih lanjut, Retno menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang melakukan negosiasi perjanjian investasi dengan Kazakhstan. Selain itu, investasi Indonesia dengan Kamboja, Yordania, dan Angola juga mengalami peningkatan.

Selain kerja sama ekonomi, Retno menuturkan bahwa terdapat kerja sama terhadap beberapa isu lainnya seperti perlindungan warga negara Indonesia, kerja sama bidang industri, dan transisi energi. Misalnya, Indonesia sedang bekerja sama menangani penipuan daring (online scam) bersama Laos dan Kamboja.

Retno juga menyebut bahwa Indonesia sedang menjalin kerja sama di bidang industri strategis utamanya dengan Pakistan dan Kamboja. Sementara dengan Denmark, Indonesia sedang mengembangkan kerja sama untuk transisi energi.