BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pemilik Tambang dengan Harta Karun 2 Miliar Ton Emas Terungkap

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan penemuan sumber daya mineral berupa emas dan tembaga sebesar 2 miliar ton di tambang Onto, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, NTB.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin menyebutkan bahwa potensi sumber daya mineral tersebut ditemukan oleh PT Sumbawa Timur Mining (PT STM).

Meskipun demikian, batuan/ore emas yang diekstraksi tidak sebesar temuan potensi mineral sebesar 2 miliar ton tersebut. Badan Geologi Kementerian ESDM sedang melakukan pendataan lebih lanjut mengenai hasil temuan tersebut. Tidak hanya emas dan tembaga, wilayah tambang Onto juga memiliki potensi sumber daya Panas Bumi.

Penemuan ini bisa menjadi masukan bagi pemerintah untuk melihat potensi penemuan emas di wilayah lain yang memiliki sumber energi Panas Bumi. PT STM sudah 25 tahun melakukan kegiatan eksplorasi mencari ‘harta karun’ emas tersebut. Saham STM mayoritas dimiliki oleh Vale S.A. (80%), melalui Eastern Star Resources Pty Ltd, dan sisanya oleh PT Antam Tbk (20%).