BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Serangan Roket dari Lebanon Menghantam Bagian Utara Israel

Ada tembakan besar dari Lebanon yang menyasar Israel utara pada Sabtu (6/1/2024) waktu setempat. Militer Israel mengatakan mereka telah menyerang “sel teroris” yang berperan dalam serangan tersebut. Ada sekitar 40 tembakan dari Lebanon menuju wilayah Meron di Israel utara yang telah teridentifikasi.

Hizbullah, kelompok bersenjata Lebanon, mengatakan pihaknya menyerang pos pengamatan penting Israel pada Sabtu pagi dengan 62 roket sebagai “respons awal” terhadap pembunuhan wakil ketua Hamas. Tembakan tersebut terjadi di tengah kekhawatiran akan meluasnya perang di Gaza.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan diplomat senior Uni Eropa Josep Borrell memulai dorongan diplomatik baru pada hari Jumat untuk menghentikan dampak perang di Gaza, yang telah berlangsung selama tiga bulan itu.

Konflik antara Israel dan Gaza belum berhenti meskipun upaya-upaya diplomatik telah dilakukan. Israel telah mengumumkan pendekatan yang lebih tepat sasaran karena menghadapi tekanan global untuk membatasi jumlah korban sipil yang besar.

Hamas didukung oleh Iran. Sementara itu, penduduk Gaza yang mengalami trauma terpaksa mengungsi akibat pemboman tersebut dan mereka menghadapi krisis kemanusiaan yang menghancurkan.