BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Negara Lain Juga Pindah Ibu Kota, Bukan Hanya DKI ke IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi topik yang hangat diperdebatkan oleh para calon wakil presiden (cawapres) kemarin, Jumat (23/12/2023) malam.

Para cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD memiliki pandangan masing-masing mengenai rencana perpindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur.

Perpindahan ibu kota tersebut telah diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Presiden Joko Widodo juga telah menetapkan nama kota tersebut sebagai Nusantara. Seluruh kegiatan pemerintah pusat rencananya akan dialihkan ke Nusantara mulai 2024 mendatang.

IKN sebenarnya bukanlah hal baru. Presiden Jokowi telah memperhatikan wacana ini sejak tahun 2019, saat sidang tahunan DPR/MPR. Jokowi menyatakan bahwa ibu kota akan dipindahkan dengan alasan-alasan mendesak.

Tidak hanya Indonesia, beberapa negara di dunia juga melakukan pemindahan ibu kota. Sebelumnya, beberapa negara telah melakukan langkah-langkah yang sama. Seperti Nigeria, Pakistan, Brasil, Myanmar, Turki, Malaysia, dan Kazakhstan.

Nigeria memindahkan ibukota dari Lagos ke kota bernama Abuja pada tahun 1991. Pakistan memindahkan ibukota dari Karachi ke Islamabad pada tahun 1961. Brasil memindahkan ibukota dari Salvador ke Rio de Janeiro, lalu ke Brasilia. Myanmar memindahkan ibu kota dari Yangon ke Naypydaw. Turki memindahkan ibukota dari Istanbul ke Ankara. Malaysia memindahkan pemerintahan dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Kazakhstan memindahkan ibukota dari Almaty ke Astana, yang kemudian berganti nama menjadi Nursultan.

Selain itu, ada juga artikel terkait perpindahan ibu kota ke IKN yang dapat dibaca lebih lanjut. (mkh/mkh)