BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pekerjaan PNS Dapat Disubstitusi oleh ‘Robot’, Ini Adalah Bukti!

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, memastikan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024. Anas menyampaikan hal ini kepada Presiden Joko Widodo di Istana beberapa waktu lalu (12/12/2023).

Anas mengungkapkan bahwa CASN 2024 akan difokuskan pada pencarian lebih banyak lulusan baru dengan kemampuan digital yang baik. Hal ini karena pemerintah akan terus mendorong digitalisasi dalam kepegawaian negara.

Anas juga menyebutkan bahwa sebanyak 600 PNS yang pensiun hanya akan digantikan oleh 200 orang, karena sebagian pekerjaan telah dilakukan secara digital. Kondisi ini, kata Anas, terjadi di Kementerian Keuangan.

Meskipun demikian, Anas menegaskan bahwa ada pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh mesin. Contohnya adalah pekerjaan terkait dengan perlindungan saksi di LPSK.

Selain itu, Anas juga menyebutkan bahwa arah kebijakan pemenuhan ASN tahun 2024 juga masih diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pada pelayanan dasar seperti guru dan tenaga kesehatan. Proyeksi kebutuhan ASN di tahun 2024 diperuntukkan bagi Instansi Pusat, Instansi Daerah, dan Lulusan Sekolah Kedinasan.