BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Anies vs Prabowo vs Ganjar: Pertempuran Politik di Indonesia

Hasil survei dari Poltracking Indonesia baru-baru ini merilis hasil elektabilitas dua pasangan calon atau head to head paslon Pilpres 2024. Dalam survei ini, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau duet AMIN.

Survei dilakukan pada tanggal 29 November-5 Desember 2023 dan menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan 1220 responden. Margin of error dari survei ini adalah +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Responden yang diambil adalah WNI yang sudah memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 54,9% suara, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,94%, dan sisanya 18,2% tidak tahu atau tidak menjawab. Dalam hasil lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 33,9%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md 37,5%, dan sisanya 28,6% tidak tahu atau tidak menjawab. Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 54,8%, Ganjar Pranowo-Mahfud Md 31,5%, dan sisanya 14,2% tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, Prabowo-Gibran akan unggul jika berhadapan dengan AMIN dan Ganjar-Mahfud. Selain itu, Anies-Cak Imin akan maju ke putaran kedua jika mampu mendapatkan momentum untuk menaikkan tren elektabilitas, sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan masuk putaran kedua jika mampu rebound.

Simulasi dua putaran menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka relatif unggul dengan semua kandidat. Untuk informasi lebih lanjut, dapat diakses di situs berita Detik.

Sumber:
https://news.detik.com/pemilu/d-7083876/head-to-head-poltracking-prabowo-gibran-ungguli-ganjar-mahfud-dan-amin