BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Netanyahu Mengakui Kegagalan Setelah 11.500 Orang Tewas

Konflik berdarah terus terjadi di Gaza. Israel melancarkan serangan untuk menghancurkan Hamas dan membebaskan sandera. Meskipun badan hak asasi manusia mengecam krisis kemanusiaan di Palestina, Israel tetap tak berhenti. Berikut adalah perkembangan terbaru, seperti dirangkum CNBC Indonesia, Jumat (17/11/2023):

1. Israel Melancarkan Serangan di Dekat Damaskus, Suriah
Israel melakukan serangan udara di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, Jumat. Suriah melaporkan serangan terjadi pukul 02:25. Israel menyerang dari wilayah Golan yang diduduki ke wilayah pedesaan di sekitar Damaskus. Beberapa sumber melaporkan bahwa serangan itu menyebabkan kerusakan material dan pasukan pertahanan udara Suriah menanggapi serangan tersebut.

2. Taliban Mengomentari Perang Gaza
Kelompok penguasa Afghanistan, Taliban, buka suara soal konflik antara Israel dan Hamas. Mereka menyampaikan posisi pemerintah Barat dan organisasi internasional yang mendukung tindakan Israel di Gaza adalah taktik perang yang digunakan untuk mencapai tujuan politik.

3. Jenderal Iran Berjanji Bantu Hamas
Komandan Pasukan Elit Quds Iran, Esmail Qaani, berjanji akan membantu Hamas dalam perang melawan Israel. Pasukan Quds adalah cabang operasi luar negeri Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Teheran, yang bertanggung jawab atas misi militer di luar perbatasan Iran.

4. Netanyahu Akui Kegagalan di Gaza
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengakui kegagalan dalam meminimalkan korban jiwa di Gaza dalam perang melawan Hamas. Ia menyatakan bahwa mereka melakukan segalanya untuk menyelamatkan warga sipil dari bahaya, sementara Hamas melakukan segalanya untuk menempatkan mereka dalam bahaya.

5. Korban Gaza: 11.500 Orang Tewas
Otoritas kesehatan Gaza melaporkan bahwa dari 7 Oktober hingga Jumat, 11.500 orang telah tewas dalam serangan Israel.

6. Pendonor Barat Setop Dana ke Arab
Para pendonor dari negara-negara Barat akan memotong dana bantuan untuk kelompok masyarakat sipil Arab karena mengkritik kekejaman Israel di Gaza.

7. Perang Israel Makan Korban” Malaysia
Malaysia bisa menjadi “korban” dari perang Israel di Gaza karena sikapnya yang vokal dalam membela Palestina.

8. WHO Prihatinan Penyebaran Penyakit di Gaza
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sangat prihatin dengan penyebaran penyakit di Gaza karena pemboman Israel telah menyebabkan penduduk berkerumun di tempat penampungan dengan makanan dan air bersih yang langka.

9. IDF Serbu Jenin di Tepi Barat
Israel menyerbu kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat. Pasukan IDF menggerebek Rumah Sakit Ibnu Sina dekat Jenin.

10. Serangan Israel Bom Sekolah
Sejumlah besar orang tewas dan terluka setelah serangan Israel menargetkan Sekolah al-Falah yang menampung ribuan pengungsi di lingkungan Zeitoun, selatan Kota Gaza.