BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pipa Pertamina Bocor & Terbakar karena Pencurian BBM di Medan

PT Pertamina Patra Niaga-Regional Sumbagut menjelaskan bahwa kebakaran yang terjadi di sekitar pipa penyalur BBM di Kelurahan Belawan Bahari pada Kamis (26/10) disebabkan oleh pelaku pencurian BBM yang melubangi pipa penyalur tersebut. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, menegaskan bahwa kebocoran tersebut adalah akibat dari tindakan pencurian.

Satria melanjutkan bahwa berdasarkan laporan yang diterima dari pihak pengamanan Pertamina Fuel Terminal (FT) Medan Grup, tim pengamanan jalur pipa menemukan kebocoran pada sekitar pukul 15.30 WIB di wilayah Kampung Kurnia, Belawan Bahari karena adanya pencurian dengan melubangi pipa penyalur BBM. Petugas pengamanan segera berkoordinasi dengan FT Medan Group dan melakukan tindakan awal dengan menutup lubang sementara serta meminta bantuan tim teknis untuk menutup kebocoran tersebut.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, pada pukul 18.30 WIB, pelaku pencurian BBM dengan sengaja membuka sumbatan lubang pipa BBM sehingga BBM keluar dari lubang tersebut dengan deras dan pada saat bersamaan ada yang menyalakan api. Pertamina langsung menghentikan sementara aktivitas penyaluran BBM untuk mengurangi debit minyak yang keluar dari pipa yang dilubangi pencuri. Api berhasil dipadamkan atas bantuan warga setempat, dan lokasi kejadian telah steril.

Pertamina telah melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya pencurian BBM dengan melubangi pipa penyalur di wilayah Belawan Bahari. Mereka melakukan patroli rutin setiap hari bekerjasama dengan BKO Lantamal dan Kodim serta sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang keselamatan lingkungan akibat illegal tapping BBM. Pertamina menyampaikan keprihatinan terhadap adanya dua korban luka bakar dan telah melaporkan insiden ini kepada aparat penegak hukum.

Pertamina mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Pusat dan Daerah, aparat penegak hukum, serta masyarakat dalam menjaga aset Pertamina yang merupakan aset obyek vital nasional. Aset Pertamina sangat penting bagi kehidupan masyarakat, sehingga keamanannya menjadi fokus utama bersama.