BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pengguna Dompet Digital Memperoleh Keuntungan dari Beroperasinya LRT Jabodebek

PT Solusi Pasti Indonesia, yang dikenal sebagai KasPro, telah melakukan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mendorong terciptanya masyarakat tanpa uang tunai di Indonesia. Sebagai perusahaan layanan uang elektronik dengan lisensi Bank Indonesia, KasPro telah mendukung aplikasi Access by KAI dalam memberikan kemudahan pembayaran bagi pengguna saat membeli tiket kereta LRT Jabodebek melalui aplikasi tersebut.

Delly Nugraha, Chief of Ecosystem Integration & Business Solution KasPro, menjelaskan bahwa visi perusahaan adalah untuk terus mendorong terciptanya masyarakat tanpa uang tunai di Indonesia dan menciptakan ekosistem inklusi keuangan yang berkelanjutan. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah melalui kolaborasi dengan PT KAI dalam menghadirkan dompet digital KAIPay dalam aplikasi Access by KAI.

Dia juga menjelaskan bahwa dengan diberlakukannya tarif perjalanan LRT Jabodebek maksimal Rp 20 ribu, masyarakat dapat memilih berbagai pilihan pembayaran, salah satunya dengan menggunakan Access by KAI. Pengguna dapat langsung membeli tiket perjalanan dan melakukan pembayaran melalui e-wallet yang terhubung dengan akun KasPro.

Kerja sama antara KasPro dan PT KAI dalam membentuk KAIPay telah berlangsung sejak tahun 2021. Selain memudahkan transaksi pembelian dan pembayaran tiket perjalanan, e-wallet KasPro dalam aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk transaksi digital lainnya seperti pembelian tiket hotel, pembelian pulsa dan paket data, serta pembayaran tagihan listrik.

Peningkatan pengguna Access by KAI, terutama di wilayah Jabodebek, juga mendukung data bahwa pengguna dompet digital di Indonesia terus berkembang. Menurut riset dari Lembaga Konsultan Pemasaran RedSeer pada awal Maret 2022, nilai transaksi e-wallet di Indonesia diproyeksikan mencapai US$70,1 miliar pada 2025.

KasPro berharap dapat terus meningkatkan inovasi pada KAIPay dan menghadirkan layanan digital perbankan lainnya untuk mempermudah masyarakat Indonesia di masa depan.