BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Prabowo melawan Anies melawan Gibran

Pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, menduduki posisi pertama dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada Selasa (24/10).

Prabowo-Gibran memimpin dengan elektabilitas mencapai 39,3 persen. Diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 36,9 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya 15 persen.

Berdasarkan hasil survei tersebut, LSI Denny JA menyatakan bahwa belum ada pasangan capres-cawapres yang dapat memastikan kemenangan dalam satu putaran. Hal ini karena belum ada pasangan yang mencapai angka di atas 50 persen.

“Ketika tiga pasangan maju sebagai calon dalam pemilu nanti, belum ada satu pun pasangan yang dapat memastikan kemenangan dalam satu putaran. Artinya, masing-masing masih berada di bawah 50 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas.

Hanggoro juga mengungkapkan bahwa Prabowo-Gibran unggul di segmen pemilih kelompok lulusan SMP ke bawah, laki-laki, beragama Islam, dan kelompok usia di bawah 30 tahun. Sementara itu, Ganjar-Mahfud unggul di kelompok lulusan SMA sederajat atau D3, kelompok non-Islam, dan berusia di atas 30 tahun.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 4-12 September 2023 dengan melibatkan 1.200 responden menggunakan metode penentuan responden dengan multi-stage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen.

Sementara itu, LSI juga mencatat bahwa Prabowo-Gibran unggul dalam hasil survei yang dirilis oleh LSI pada Minggu (22/10). Prabowo yang diusung bersama Gibran memperoleh elektabilitas sebesar 35,9 persen, disusul oleh Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 26,1 persen, dan pasangan Anies-Cak Imin dengan 19,6 persen.

Dalam Telesurvei Ipsos Public Affairs yang dilakukan pada 17-19 Oktober 2023, pasangan Ganjar-Mahfud juga unggul dari dua pasangan lainnya. Pasangan ini mendapatkan dukungan sebesar 31,98 persen, diikuti oleh Prabowo-Gibran dengan 31,32 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 28,91 persen.

Artikel selengkapnya dapat diakses melalui tautan berikut: [Klik di sini](https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231024161232-617-1015324/lsi-denny-ja-ganjar-mahfud-tempel-prabowo-gibran-amin-terendah)

(Sumber: CNBC Indonesia)

Exit mobile version