BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pertarungan Anies, Prabowo, dan Ganjar

Jakarta – Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) telah merilis hasil dari survei yang dilakukan terhadap pemilih muda dalam Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berhasil unggul tipis atas pasangan Ganjar-Mahfud MD.

“Prabowo-Gibran mendapatkan suara terbanyak dari pemilih muda, diikuti oleh pasangan Ganjar-Mahfud dengan selisih yang tidak signifikan (4%). Sementara itu, 10% pemilih muda di Jawa Timur belum memutuskan pilihan dalam Pilpres 2024,” kata Radius Setiyawan, peneliti utama PUSAD UMSurabaya, pada Jumat (27/10/23).

Radius menjelaskan bahwa populasi pemilih yang menjadi subjek penelitian ini adalah usia 17 tahun hingga 40 tahun. Penarikan sampel dilakukan secara acak dengan metode Multistage Random Sampling. Lokasi survei melibatkan seluruh kecamatan di Jawa Timur, yaitu 38 Kabupaten/Kota.

Setiap Kabupaten/Kota dipilih 4-5 kecamatan sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.075 responden, yang disebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota. Margin tingkat toleransi (standar error/d) sebesar 3% dan tingkat kesalahan (α) dalam penelitian ini adalah 5%. Proses wawancara dilakukan secara telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator.

Radius berharap hasil survei PUSAD UMSurabaya mengenai elektabilitas pemilih muda di Jawa Timur dapat menjadi indikator untuk mengawal jalannya demokrasi yang lancar dan jujur di Indonesia.

Survei ini dilakukan oleh PUSAD pada periode 14-22 Oktober 2023, dan hasilnya dirilis secara terbuka di UMSurabaya dengan menghadirkan sejumlah tokoh. Acara tersebut juga dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan beberapa tokoh dari calon legislatif di Jawa Timur.

Artikel selengkapnya dapat diakses di sini.

Exit mobile version