BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

7 Fakta Baru di Gaza: Putin Marah tentang Gencatan Senjata Terbaru

Serangan Israel ke Gaza terus berlanjut, dan kali ini kedua pihak sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata setelah sebelumnya menyepakati jeda serangan dari Jumat hingga Selasa pagi. Namun, Israel masih bersiap untuk melakukan serangan besar-besaran apabila gencatan senjata berakhir. Berikut perkembangan terbaru seperti yang dilansir CNBC Indonesia dari berbagai pihak, Selasa (28/11/2023):

1. Gencatan senjata diperpanjang
Gencatan senjata di Gaza, Palestina, diperpanjang dari empat hari menjadi enam hari kedepan. Hamas mengungkap alasan perpanjangan ini, mereka berharap dapat memperpanjang gencatan senjata lebih jauh lagi dan mengakhiri perang Israel-Hamas. Selama tiga hari pertama gencatan senjata, 39 tawanan Israel dibebaskan oleh kelompok bersenjata tersebut.

2. Putin ngamuk ke Israel
Rusia dilaporkan mengecam keras Israel akibat serangan terhadap Bandara Internasional Damaskus di Suriah. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa serangan itu dapat memperburuk ketegangan di wilayah tersebut, yang sudah dipicu oleh perang Gaza.

3. Israel serbu Lebanon Selatan
Israel melakukan serangan ke Lebanon Selatan dekat kota Aita al-Shaab.

4. Kamp pengungsi Palestina diserbu penyakit
Muncul indikasi terkait jentik penyakit yang mulai mengancam pengungsi Palestina di Gaza.

5. Israel hancurkan monumen Gaza
Pasukan Israel telah menghancurkan banyak bangunan penting di Gaza, termasuk pusat kebudayaan dan pendidikan.

6. Israel bebaskan 33 tahanan Palestina
Tiga puluh tiga warga Palestina, 30 anak-anak dan tiga wanita, telah dibebaskan dari penjara Israel setelah 11 sandera Israel dibebaskan dari Gaza.

7. Dokter Inggris ungkap tujuan Israel di Gaza
Seorang ahli bedah di London mengatakan bahwa penghancuran sistem kesehatan Palestina adalah tujuan militer dalam perang tersebut.

Kondisi di wilayah Gaza, Palestina masih memprihatinkan dengan keadaan kamp pengungsi yang terancam penyakit dan penghancuran bangunan penting oleh Israel. Konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina terus menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Exit mobile version