BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Sugiono Bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Rusia, Berdialog seperti Ini

Sugiono Bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Rusia, Berdialog seperti Ini

Menteri Luar Negeri RI Sugiono bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela KTT BRICS di Kazan, Rusia, Kamis (24/10/2024). Dalam pertemuan tersebut, Sugiono kembali menegaskan komitmen untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Beliau juga menyampaikan harapannya kepada Indonesia untuk menggalang dukungan bagi pengakuan Negara Palestina di lingkungan negara-negara ‘Global South’.

Di KTT BRICS tersebut, Indonesia menyatakan minatnya untuk bergabung dengan aliansi ekonomi tersebut. Indonesia siap mendukung upaya BRICS dalam memajukan kepentingan Global South. Sugiono menegaskan pentingnya solidaritas dan komitmen untuk segera melakukan gencatan senjata dan penegakan hukum internasional demi perdamaian global, khususnya di Palestina.

KTT BRICS 2024 sedang berlangsung di kota Kazan, Rusia, sejak 23 Oktober. Selain kelima negara pendiri BRICS, yaitu Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, BRICS juga memiliki anggota baru seperti Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi, dan UEA. Indonesia turut menjadi salah satu dari 13 negara mitra BRICS.

Artikel ini bersumber dari: [CNBC Indonesia](https://cnbcindonesia.com/news/20241022093422-8-581952/video-menlu-sugiono-janji-indonesia-akan-bantu-kemerdekaan-palestina)

(luc/luc)

Exit mobile version