BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Israel Balas Serangan Iran, Reaksi Dunia Dari Inggris Hingga China!

Beberapa negara mengutarakam tanggapannya terkait laporan serangan Israel ke Iran. Kebanyakan meminta kedua belah pihak untuk menahan diri agar menghindari eskalasi lebih lanjut.

Seperti yang diketahui, Israel dilaporkan meluncurkan rudal sebagai respons terhadap serangan Iran pada Jumat (17/4/2024) dini hari. Informasi ini disampaikan oleh pejabat senior AS kepada ABC News.

Peluncuran rudal ini merupakan balasan atas serangan Iran pada Sabtu sebelumnya, dimana Iran mengirimkan lebih dari 300 drone dan rudal tanpa awak ke berbagai target di seluruh negeri. Sebagian besar dari serangan ini dicegat oleh Israel dan sekutunya, termasuk Amerika Serikat, menurut para pejabat.

Sebuah ledakan juga terdengar di kota Ghahjaworstan di Iran, yang terletak di barat laut kota Isfahan, menurut laporan dari kantor berita semi-resmi Iran FARS yang mengutip sumber-sumber lokal.

Berikut reaksi negara-negara dunia terkait serangan ini:

1. China

China menegaskan bahwa mereka akan terus berperan secara konstruktif untuk meredakan situasi setelah muncul laporan Israel menyerang Iran sebagai balasan atas serangan Teheran pekan sebelumnya. China menentang tindakan yang meningkatkan ketegangan dan berkomitmen untuk meredakan situasi.

2. Badan Atom dan Energi Internasional (IAEA)

IAEA menyatakan akan memantau situasi dengan cermat mengingat adanya proyek nuklir yang berlangsung di Iran. Mereka menekankan bahwa fasilitas nuklir tidak boleh menjadi target dalam konflik militer.

3. Oman

Oman mengikuti dengan cermat ketegangan di wilayah tersebut dan mengutuk serangan Israel di Isfahan. Mereka menyerukan dialog, diplomasi, dan solusi politik untuk mengatasi konflik di wilayah tersebut.

4. Uni Eropa (UE)

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menekankan pentingnya menahan diri dari eskalasi di kawasan tersebut dan menjaga stabilitas.

5. Inggris

Perdana Menteri Rishi Sunak mengutuk serangan rudal Iran terhadap Israel dan menyatakan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri. Namun, ia juga mendorong terciptanya ketenangan di seluruh wilayah.

6. Italia

Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani, mengajak semua pihak untuk berhati-hati guna menghindari eskalasi.

7. Swedia

Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, merespons situasi ini dengan serius dan menyatakan perlunya mengakhiri pertikaian dan eskalasi.

Demikianlah tanggapan beberapa negara terkait serangan Israel ke Iran.