BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

PR Ganjar: Memperkuat Bulog dan Menjaga Pasokan Pangan Janji Saya!

Jakarta, CNBC Indonesia- 3 pasang calon Presiden dan Wakil Presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimmin Iskanda, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah menyampaikan visi misi sebagai arah program kerja jika terpilih dalam Pilpres 2024. Dalam visi misi bidang ekonomi, isu pangan menjadi salah satu fokus yang ditekankan oleh ketiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Terkait fokus Capres Ganjar Prabowo yang akan mengembalikan fungsi Bulog dalam menjaga pasokan pangan dan mencegah praktik oligopoli, Kepala CFESD INDEF, Abra El Talattov memandang langkah ini penting untuk memperkuat peran Bulog dalam menjaga stabilisasi harga pangan, tidak hanya beras namun juga komoditas pangan lainnya.

Sementara Ketua Departemen Ekonomi CSIS, Fajar B. Hirawan melihat bahwa peran Bulog saat ini tidak signifikan setelah pembentukan Bapanas. Oleh karena itu, diperlukan strategi penguatan dan transisi di Bulog untuk memastikan ketahanan pangan yang tidak hanya terkait ketersediaan pangan namun juga aksesibilitas, stabilitas harga, dan utilisasi.

Bagaimana pandangan ekonom terhadap visi Bacapres Ganjar Pranowo terkait sektor pangan? Selengkapnya simak ulasan Andi Shalini dengan Kepala CFESD INDEF, Abra El Talattov, dan Ketua Departemen Ekonomi CSIS, Fajar B. Hirawan dalam program Squawk Box, CNBC Indonesia (Jumat, 10/11/2023).

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini.