BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Rusia Merugi Rp100 Triliun Karena Taktik Putin Tak Berkutik

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah kesepakatan yang memungkinan gas alam Rusia mengalir ke Eropa melalui Ukraina akan berakhir tahun ini. Hal tersebut akan memberikan “pukulan menyakitkan” bagi Moskow, yang sudah kehilangan miliaran dolar pendapatan karena sanksi Barat.

“Zelensky akhirnya memutuskan ketergantungannya pada Rusia dengan mematikan keran,” kata James Hill, CEO MCF Energy, mengutip Newsweek, Kamis (12/9/2024).

“Gazprom akan kehilangan hampir US$ 7 miliar pendapatan dari langkah ini, di atas kerugian US$ 7 miliar tahun lalu, pukulan menyakitkan bagi Moskow.”

Namun, berakhirnya perjanjian transit gas lima tahun yang ditandatangani pada 2019 antara Naftogaz, yang dikelola negara Ukraina, dan Gazprom Rusia juga melihat Kyiv kehilangan generator pendapatan utama. Ini juga menambah ketidakpastian pasokan energi Eropa musim dingin ini.

“Meskipun ini merupakan langkah berani dan langkah ke arah yang benar di pihak Zelensky, ini juga menghadirkan tantangan signifikan yang harus ditangani Eropa sebelum tanggal kedaluwarsa kontrak pada bulan Desember,” ujar Hill, menambahkan bahwa pasokan gas Eropa “mungkin berisiko.”

Sementara itu, Bloomberg, sebagaimana dikutip Newsweek, melaporkan minggu ini bahwa hilangnya volume Ukraina membuat Rusia merugi sekitar US$ 6,5 miliar atau sekitar Rp 100 triliun per tahun dengan harga saat ini.

Arus gas melalui Ukraina menyediakan kurang dari 5 persen dari pasokan benua, tetapi tidak ada kesepakatan baru tidak hanya akan menyakiti status Ukraina sebagai saluran yang dapat diandalkan tetapi juga berisiko kehilangan US$ 800 juta per tahun dalam biaya transit, kata Mykhailo Svyshcho dari ExPro Consulting yang berbasis di Kyiv.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mencoba membuat Eropa lebih bergantung pada gas Rusia. Sejak menyerang Ukraina pada 2022, ia menggunakan akses ke bahan bakar untuk menekan sekutu Kyiv atas dukungan mereka dalam perang dan untuk membalas terhadap sanksi Barat.

Namun, Eropa telah menemukan sumber impor gas jangka panjang lainnya, dengan Norwegia dan gas alam cair (LNG) dari Amerika Serikat dan di tempat lain mengisi kesenjangan.

Impor gas Eropa dari Rusia telah turun lebih dari 90% dan kehilangan pasarnya yang paling menguntungkan. Gazprom Group, yang mencakup bisnis minyak dan listrik, telah membayar biaya besar untuk perang Putin, membukukan kerugian bersih 2023 sebesar US$ 7 miliar, yang pertama dalam seperempat abad.

Tahun lalu, Rusia mengirim 14,6 miliar meter kubik di seluruh Ukraina pada 2023, turun hampir dua pertiga dari 41,6 bcm yang transit pada 2021.

Meskipun Putin telah menyatakan kesediaannya untuk melanjutkan kesepakatan transit, Zelensky telah bersumpah untuk mengecualikan “molekul Rusia” dari jaringan transit negara itu.

Ukraina telah mengadakan pembicaraan transit dengan Azerbaijan, yang memasok gas ke delapan negara Eropa. Namun belum ada proposal konkret dari para pedagang yang akan dibahas, menurut Menteri Energi Ukraina, German Galushchenko.

Kesepakatan dengan Kazakhstan dan pemasok Asia Tengah lainnya juga bisa menjadi kemungkinan, tetapi waktu hampir habis sebelum akhir tahun.

(luc/luc)

Exit mobile version