BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan

Pope Francis Tours in Prabowo Subianto’s Rugged Maung Vehicle to Greet the Faithful

Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik dan kepala Vatikan, mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta pada hari Kamis, 5 Agustus, menggunakan kendaraan nasional Indonesia, Maung MV3, yang didesain oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan diproduksi oleh PT Pindad. Paus menggunakan Maung yang dimodifikasi untuk menyapa sekitar 87.000 peserta yang hadir untuk Misa besar di GBK.

Paus Fransiskus disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo saat tiba di GBK, dengan keduanya saling bertukar salam dan berjabat tangan. Tak lama setelah itu, Paus pindah ke Maung MV3 putih yang dimodifikasi khusus, yang didesain di bawah arahan Prabowo.

Beberapa modifikasi dilakukan pada Maung untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Paus. Kursi di desain ergonomis dan dapat berputar, memungkinkan Paus Fransiskus untuk menyapa orang di kanan, kiri, dan belakangnya. Dasar kursinya juga dilapisi karpet merah sebagai tanda penghormatan untuk Paus.

Saat Maung yang membawa Paus Fransiskus menuju Stadion GBK Madya, suara 87.000 peserta yang berteriak “Viva il Papa” menggema di udara.

“Viva il Papa, Viva il Papa Francisco” diserukan ribuan umat Katolik, menyambut Paus Fransiskus di GBK Stadium.

“Viva il Papa” adalah frase Katolik tradisional yang digunakan saat berbicara kepada Paus, yang berarti “Long live the Pope” dalam bahasa Inggris atau “Panjang Umur untuk Paus Fransiskus” dalam bahasa Indonesia.

Selama prosesi, Paus Fransiskus menggunakan kesempatan untuk menyapa dan memberkati beberapa umat dari dalam Maung.

Terkait dengan Maung MV3 yang digunakan untuk kunjungan Paus, CEO PT Pindad Abraham Mose menjelaskan bahwa beberapa modifikasi dilakukan untuk acara tersebut, termasuk tangga lipat untuk akses mudah, kursi utama di bagian belakang, sunroof untuk kabin pengemudi, langkah belakang untuk pengawal Paus, pelindung atap untuk hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Spesifikasi mesin tetap tidak berubah, dengan Maung MV3 ditenagai oleh mesin turbo diesel 2.200 cc yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dengan aman dan menghasilkan output maksimum 199 tenaga kuda.

Source link