BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pemerintah Akan Memberikan Subsidi Lebih Besar untuk Energi Ramah Lingkungan

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) berjanji akan meningkatkan subsidi untuk pengembangan energi bersih di Indonesia jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Sekretaris Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Nomor Urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Wijayanto Samirin, mengatakan bahwa banyak negara di dunia masih mengeluarkan kebijakan yang tidak mendukung pengembangan energi bersih. Hal ini terlihat dari subsidi bahan bakar fosil yang 12 kali lebih besar dibandingkan subsidi Energi Baru Terbarukan (EBT).

Wijayanto menjelaskan bahwa pihaknya akan secara bertahap memperbaiki hal ini dengan tetap mempertahankan subsidi bahan bakar minyak (BBM) namun meningkatkan subsidi EBT. Selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk menekan nilai subsidi BBM yang membebani keuangan negara dengan cara meningkatkan penggunaan transportasi publik.

Menurut Wijayanto, solusi untuk mengatasi masalah impor BBM bersubsidi adalah dengan penggunaan transportasi publik. Oleh karena itu, pihaknya akan mendorong pengembangan transportasi publik yang massif di 40 kota di Indonesia serta memperluas penggunaan kendaraan listrik dengan sumber listrik dari EBT.

Artikel Selanjutnya
Anies Pernah Disemprot PDIP & Golkar Karena Ini

(wia)