BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Hasil Survei Pilpres 2024 Terbaru: 10 Hasil Jelang Debat Capres

Debat calon presiden kedua akan dilaksanakan besok, Minggu (7/1/2024). Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan berpartisipasi dalam debat dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Selama ini, hasil survei terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 terus dirilis. Menurut 10 lembaga survei yang dirangkum CNBC Indonesia dari awal Desember hingga Jumat (29/12/2023), Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas tertinggi, yakni 43,3%.

LSI Denny JA melakukan survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden periode 2024-2029. Hasil survei menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 43,3%. Survei ini dilakukan pada 17-23 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih.

Menurut hasil survei Polling Institute, Prabowo-Gibran unggul dengan suara mencapai 46,1%. Elektabilitas Prabowo-Gibran juga unggul menurut hasil survei dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dengan elektabilitas 43,7%.

Sementara hasil survei yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 46,7%. Indikator Publik Nasional juga mengunggulkan Prabowo-Gibran dengan elektabilitas sebesar 50,2%.

Litbang Kompas mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39,3%. Pasangan ini menempati urutan pertama di survei. Sementara hasil survei ASI menempatkan Prabowo-Gibran di posisi pertama dengan elektabilitas 34,2%.

Berdasarkan hasil survei ini, pasangan Prabowo-Gibran terus menunjukkan elektabilitas tertinggi di antara pasangan calon lainnya. Meski demikian, hasil survei ini juga menunjukkan persaingan ketat antara pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud untuk masuk ke putaran kedua pemilihan.