BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Gempa Bumi 7,6 SR Mengguncang Jepang, Menyebabkan Kerusakan Parah

Gelombang tsunami telah muncul di beberapa wilayah barat Jepang setelah gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,6 mengguncang Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa. Otoritas Jepang telah memberikan peringatan tsunami untuk seluruh sisi pantai barat negara tersebut. Badan Meteorologi Jepang memperingatkan potensi gelombang setinggi 5 meter, yang merupakan peringatan tingkat siaga tertinggi. Hal ini mendorong masyarakat di wilayah prefektur Ishikawa, Niigata, Toyama, dan Yamagata melakukan evakuasi dan meninggalkan daerah pesisir. Gelombang setinggi lebih dari 1,2 meter telah mencapai Pelabuhan Wajima Semenanjung Noto di Ishikawa sekitar pukul 16:21 waktu setempat.

Orang yang terkena tsunami lebih dari 1 meter dianggap “sangat mungkin tidak mampu berdiri, dengan potensi kematian,” menurut Badan Meteorologi yang dikutip oleh Japan Times, Senin (1/12/2023). Ketinggian tsunami di Pelabuhan Wajima terus meningkat, meskipun pengukuran tinggi gelombang yang tepat belum ditetapkan.

Peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk daerah Semenanjung Noto, yang merupakan peringatan tingkat atas dari tiga peringatan dan setara dengan peringatan yang dikeluarkan setelah gempa Maret 2011 di wilayah Tohoku. Perdana Menteri Fumio Kishida mendesak penduduk daerah yang berpotensi terkena dampak di wilayah itu untuk tetap waspada jika terjadi gempa bumi kuat.

Peringatan tsunami disusul oleh beberapa gempa susulan di Semenanjung Noto setelah gempa awal terbesar, yang tercatat berkekuatan magnitudo 7,6, menurut Badan Meteorologi Jepang.

TUjuh gempa bumi berkekuatan 5,0 atau lebih telah tercatat di wilayah Noto di Prefektur Ishikawa atau di lepas pantai Semenanjung Noto pada pukul 5:40 sore, dan sembilan di seluruh Jepang. Gelombang 80 cm mencapai Prefektur Toyama sekitar pukul 16.35 dan gelombang 0,4 meter juga mencapai Kashiwazaki, Prefektur Niigata, pada pukul 16.36. Pelabuhan Kanazawa di Ishikawa mengalami gelombang 40 cm sekitar pukul 17.04, sementara gelombang juga dilaporkan di prefektur Yamagata dan Pulau Sado Niigata.

Tsunami diperkirakan akan mencapai prefektur Fukui, Hyogo, Hokkaido, Aomori, Akita, Kyoto, dan Tottori di sisi Laut Jepang, serta Kepulauan Oki, yang merupakan bagian dari Prefektur Shimane. Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers bahwa sejauh ini tidak ada kelainan yang dilaporkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir di seluruh Jepang.

“Gempa dirasakan di Tokyo dan di seluruh wilayah Kanto.”

Exit mobile version