BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

BRI Peduli Mengajak Masyarakat untuk Menjaga Ekosistem Sungai dan Lingkungan

Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’. Melalui kegiatan ini, BRI berusaha untuk mendorong perbaikan dan revitalisasi sungai di berbagai wilayah di Indonesia, terutama yang tingkat pencemaran airnya sangat tinggi akibat sampah yang menumpuk.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi asli sungai sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Melalui program ini, BRI mengajak masyarakat untuk turut menjaga ekosistem sungai, khususnya dengan mengedukasi mereka tentang betapa pentingnya untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Pada tahun 2023, program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’ kembali dilaksanakan di 100 titik sungai atau kali yang tersebar di seluruh Indonesia. Program ini dilakukan melalui 18 Regional Office BRI yang berada di seluruh Indonesia dan telah berjalan sejak tahun 2020.

Selain melakukan normalisasi, pembersihan, dan pengerukan sungai, BRI juga membangun sejumlah sarana dan prasarana seperti taman, ruang terbuka hijau, dan area ramah anak. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem kehidupan di sekitar sungai.

Program ini juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sungai. Sampah organik yang sudah dipilah dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat seperti bahan pupuk kompos dan tambahan pakan ternak, serta dapat diolah menjadi biogas. Sedangkan sampah anorganik dijual kepada pengumpul sampah dan memberikan pendapatan bagi masyarakat.

Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’ meliputi pembersihan sungai, edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah, penanaman kembali daerah kritis di sekitar sungai, serta penyaluran bantuan sarana dan prasarana untuk kebersihan kali dan sampah.

Melalui program ini, BRI berharap dapat mendorong perubahan cara pandang masyarakat terhadap fungsi dan peran sungai dalam kehidupan dan masa depannya, serta menciptakan aliran sungai yang bersih dan tertata yang mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Exit mobile version