BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Netanyahu ‘Guncang’ Dunia Muslim dengan 9 Fakta Baru Perang Gaza

CNBC Indonesia – Serangan Israel ke Jalur Gaza dan Tepi Barat (West Bank) masih terus berlangsung. Korban berjatuhan dalam serangan Israel di kamp pengungsi Jabalia dan Nuseirat dan rumah sakit di Gaza terus menjadi sasaran. Tanda-tanda gencatan senjata terbaru pun belum terlihat dan prospeknya makin suram. Berikut update situasi terkait Gaza, Tepi Barat dan sekitarnya, seperti dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber pada Senin (18/12/2023).

Jumlah Korban Tewas Kementerian Kesehatan Palestina dan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS), seperti dikutip Al Jazeera, mencatat setidaknya ada 18.787 korban tewas, termasuk sekitar 7.729 anak-anak dan 5.153 wanita per Senin (18/12/2023). Korban luka-luka melebihi 50.897 orang, termasuk 8.663 anak-anak dan 6.327 perempuan. Setidaknya 8.000 warga juga dilaporkan hilang di Gaza. Sementara di Tepi Barat, tercatat 301 orang tewas, termasuk sekitar 72 anak-anak dan lebih dari 3.365 dilaporkan luka-luka. Sementara itu, jumlah korban di Israel kembali direvisi. Korban tewas pada serangan Hamas 7 Oktober lalu berubah dari 1.400 menjadi 1.200 orang. Sementara luka-luka 8.730 orang. Tentara yang tewas 448 orang. Setidaknya total 66 jurnalis telah terbunuh sejak perang Israel-Gaza dimulai pada 7 Oktober. Menurut Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) dan Federasi Jurnalis Internasional (IFJ), sebanyak 59 jurnalis Palestina, 3 jurnalis Lebanon, dan 4 jurnalis Israel telah terbunuh.

Pasukan Israel Serbu Kamp Pengungsi Sebuah serangan Israel telah terjadi di kamp pengungsi Arroub di Tepi Barat yang diduduki. Kabar ini terlihat menurut rekaman yang dibagikan di Telegram. Dalam rekaman video yang diverifikasi oleh Al Jazeera, menunjukkan tentara Israel berpatroli di daerah tersebut dan menggunakan gas air mata. Belum jelas apakah penggerebekan itu masih berlangsung. Sebelumnya, telah dilaporkan beberapa serangan Israel terjadi di Tepi Barat yang diduduki, yang mengakibatkan puluhan penangkapan warga Palestina.

Puluhan Orang di Tepi Barat Ditahan Setidaknya 35 warga Palestina, termasuk tiga wanita, telah ditangkap dalam penggerebekan semalam dan pagi hari di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki. Kabar ini disampaikan oleh kelompok sayap kanan. Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan dan Masyarakat Tahanan Palestina dalam pernyataan bersama mengatakan penggerebekan terjadi di berbagai wilayah termasuk Hebron, Yerusalem, Ramallah, Tulkarem, Jericho dan Tubas. Jumlah total warga Palestina yang ditahan di Tepi Barat yang diduduki sejak 7 Oktober kini mencapai 4.575 orang.

Sistem Air Gaza Runtuh Total Anggota Doctors Without Borders, yang dikenal dengan inisial MSF dalam bahasa Perancis, menyebut sistem air di Gaza telah runtuh total. Menurut mereka, kurangnya air atau sanitasi akan segera menjadi “berbahaya” seperti halnya pemboman Israel yang sedang berlangsung di Gaza. “Sistem air tidak berfungsi lagi – sudah benar-benar runtuh,” kata Ricardo Martinez, yang menghabiskan empat minggu di Gaza selama perang, dalam sebuah wawancara yang diunggah di situs web kelompok bantuan tersebut. “Orang-orang didorong hingga batasnya, harus berjuang untuk kelangsungan hidup mereka. Paling banyak, masyarakat mempunyai satu liter air per hari – itu untuk minum, mencuci dan memasak,” tambah Martinez, yang juga berperan sebagai koordinator logistik MSF. Selain kekurangan air, ia mengatakan beberapa tempat di Gaza tidak memiliki bahan bakar atau listrik, sehingga makin memperparah tantangan yang dihadapi warga. “Tanpa bahan bakar, pabrik penggilingan tidak akan berfungsi, jadi tidak ada yang punya gandum – tidak ada gandum, tidak ada makanan. Truk-truk yang datang dari Mesir sedang menurunkan bantuan ke truk-truk di Gaza, namun tanpa bahan bakar, truk-truk tersebut tidak dapat bergerak dan mendistribusikan bantuan,” pungkasnya.

Taktik Netanyahu Bakal Picu Konflik Selama 50 Tahun ke Depan Serangan sembarangan Israel terhadap warga Palestina berisiko “memicu konflik selama 50 tahun lagi” dan meradikalisasi generasi muda Muslim di seluruh dunia. Hal ini disampaikan oleh mantan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace. “Mengejar Hamas adalah hal yang sah, namun melenyapkan sebagian besar wilayah Gaza adalah hal yang tidak sah. Penggunaan kekerasan yang proporsional adalah sah, namun hukuman kolektif dan pergerakan paksa terhadap warga sipil tidak sah,” tulisnya di Daily Telegraph Inggris. “Saat ini kita sedang memasuki periode berbahaya di mana otoritas hukum asli Israel untuk membela diri sedang dirusak oleh tindakan mereka sendiri. Mereka membuat kesalahan dengan kehilangan otoritas moral dan otoritas hukumnya.” Dia menuduh politisi Israel bertindak seperti “banteng di toko China” dan mengatakan PM Netanyahu “kehilangan pandangan terhadap jangka panjang” setelah gagal mencegah serangan Hamas pada 7 Oktober. “Jika dia berpikir kemarahan yang membunuh akan memperbaiki keadaan, maka dia salah besar. Metodenya tidak akan menyelesaikan masalah ini. Faktanya, saya yakin taktiknya akan memicu konflik selama 50 tahun ke depan. Tindakannya meradikalisasi pemuda Muslim di seluruh dunia,” tulis Wallace.

Bantuan ke Gaza Sejauh ini jumlah truk yang diperbolehkan masuk melalui akses penyeberangan baru Karem Abu Salem (Kerem Shalom) berjumlah 24 truk. Truk-truk tersebut dulunya diperbolehkan melewati penyeberangan Rafah, namun kini harus melewati pemeriksaan keamanan di pos pemeriksaan al-Awja, yang merupakan wilayah yang dikuasai Israel. Segala sesuatu yang lain akan diizinkan melalui penyeberangan Rafah dan akan dikelola dan dikirimkan oleh Bulan Sabit Merah Palestina. Hal ini hanya menambah proses panjang dan sangat birokratis dalam mendapatkan pasokan bantuan, sehingga menyulitkan masyarakat yang sangat membutuhkan untuk mendapatkannya.

Israel Gunakan Kelaparan Sebagai Senjata Perang Dalam sebuah laporan baru, kelompok hak asasi manusia terkemuka Human Right Watch (HRW) menuduh Israel membuat warga sipil kelaparan di Gaza “sebagai metode peperangan”, sebuah strategi yang merupakan kejahatan perang. “Selama lebih dari dua bulan, Israel telah merampas makanan dan air bagi penduduk Gaza, sebuah kebijakan yang didorong atau didukung oleh pejabat tinggi Israel dan mencerminkan niat untuk membuat warga sipil kelaparan sebagai metode peperangan,” kata Omar Shakir, direktur di Human Rights Watch di Israel dan Palestina. Tentara Israel dengan sengaja menghalangi pengiriman air, makanan dan bahan bakar, sementara dengan sengaja menghalangi bantuan kemanusiaan dan merampas benda-benda yang sangat diperlukan oleh penduduk sipil untuk kelangsungan hidup mereka. Menurut hukum internasional, perampasan hak tersebut merupakan kejahatan perang, kata laporan itu. Menurut mereka, niat kriminal tidak memerlukan pengakuan penyerang tetapi juga dapat disimpulkan dari keseluruhan situasi kampanye militer.

Menteri Sayap Kanan Israel Janji Terus Distribusikan Senjata Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir mengatakan dia akan melanjutkan kampanye kontroversial distribusi senjata selama dia masih berkuasa. “Selama saya bertugas, saya akan terus membagikan senjata sebanyak-banyaknya kepada yang berhak. Tidak ada kampanye politik yang akan menghalangi saya,” kata Ben-Gvir di media sosial X. Menteri tersebut mendapat kecaman setelah surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa orang-orang yang dekat dengannya menerima izin untuk memberikan izin kepemilikan senjata tanpa menerima pelatihan yang memadai untuk menyaring pelamar. Berita tersebut mendorong pengunduran diri Yisrael Avisar, kepala Departemen Perizinan Senjata Api di kementerian tersebut.

Italia ‘Semprot’ Israel Dalam sebuah kritik yang jarang terjadi terhadap Israel, Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengecam pasukan Israel karena diduga menembak dan membunuh dua wanita di dalam sebuah gereja di Gaza selatan. “Seorang penembak jitu (Israel) menembak dua wanita di dalam sebuah gereja. Ini tidak ada hubungannya dengan perang melawan Hamas karena para teroris pasti tidak bersembunyi di gereja-gereja Kristen,” kata Tajani. Komentarnya muncul setelah Patriarkat Latin Yerusalem mengatakan bahwa seorang ibu dan putrinya ditembak dan dibunuh di kompleks Paroki Keluarga Kudus di wilayah tersebut. Dia menambahkan bahwa tujuh orang terluka, sementara serangan udara Israel merusak sebuah Biara tempat 54 orang penyandang disabilitas berlindung. Insiden tersebut menuai kritik keras dari Paus Fransiskus yang menyatakan Israel menggunakan taktik “terorisme” di Gaza.