BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Top, Perusahaan Arab Berencana Membangun Pusat Data Berskala Besar Hingga 1.000 MW di Indonesia

Kementerian Investasi Uni Emirat Arab telah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun pusat data di Indonesia. Kesepakatan ditandatangani oleh Menteri Investasi UEA Mohamed Hassan Alsuwaidi dan Menteri BUMN Erick Thohir di Abu Dhabi, Sabtu (9/12/2023).

Kesepakatan ini bertujuan untuk menetapkan kerangka kerja sama investasi di bidang infrastruktur digital, dengan fokus khusus pada proyek pusat data di Indonesia. Total kapasitas pusat data yang dikembangkan berdasarkan MoU ini hingga 1.000 MW.

Dalam keterangan resmi Kementerian Investasi UEA, pusat data dianggap sebagai bagian penting dari infrastruktur ekonomi digital, memberikan pilihan yang aman bagi berbagai institusi di Indonesia untuk menyimpan data penting dan menjalankan aplikasi.

Membina kemitraan antara sektor publik dan swasta di UEA maupun Indonesia merupakan bidang fokus dalam perjanjian ini. Kedua negara akan menjajaki berbagai bentuk kerja sama berdasarkan MoU, termasuk kemitraan investasi, kolaborasi penelitian kebijakan, pengembangan sertifikasi, inovasi dan penelitian dan pengembangan.

Menteri Investasi UEA, Mohamed Hassan Alsuwaidi mengatakan perjanjian ini menjadi pertanda kuat ikatan yang semakin erat antara Indonesia dan UEA, serta merupakan bukti komitmen UEA untuk berkolaborasi dengan negara-negara yang menjanjikan di bidang seperti ekonomi digital.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kesepakatan ini juga menjadi bukti kepemimpinan Indonesia di bidang pusat data di kawasan Asia Tenggara. Kesepakatan ini diharapkan akan mempercepat pembangunan infrastruktur perekonomian, seiring dengan fokus strategis teknologi digital yang telah diterapkan. Volume perdagangan kedua negara juga diperkirakan akan meningkat seiring dengan adanya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif UEA-Indonesia (CEPA) yang mulai berlaku pada September 2023.

Exit mobile version