BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Update Terkini Konflik di Gaza: Israel Meningkatkan Kekerasan dalam Perang 10 Tahun

Israel Melanjutkan Serangan Intensifnya di Utara dan Selatan Gaza untuk Hari Ketiga

Israel melanjutkan serangan intensifnya di utara dan selatan Gaza untuk hari ketiga sejak berakhirnya gencatan senjata dengan Hamas. Aksi itu menewaskan ratusan warga Palestina dalam waktu 24 jam.

Pada Minggu malam, militer Israel juga mengatakan telah memperluas operasi daratnya ke seluruh Gaza.

“IDF [Pasukan Pertahanan Israel] terus memperluas operasi daratnya terhadap pusat-pusat Hamas di seluruh Jalur Gaza,” kata juru bicara Laksamana Muda Daniel Hagari kepada wartawan di Tel Aviv., sebagaimana dikutip The Guardian, Senin (4/12/2023).

Sebelumnya, kamp pengungsi Jabaliya di utara diserang, dengan laporan awal mengatakan puluhan orang tewas dan setidaknya satu blok pemukiman hancur. Rekaman video menunjukkan orang-orang mencari mayat di bawah reruntuhan.

Sekitar 300 orang dilaporkan berlindung di sekitar lokasi serangan terbaru, di area kamp yang berulang kali menjadi sasaran Israel selama sebulan terakhir. Adapun sulit untuk mengonfirmasi jumlah korban sebenarnya.

Pengeboman besar-besaran juga dilaporkan terjadi di kota selatan Khan Younis, yang menjadi fokus serangan Israel, sementara militernya menuntut evakuasi lebih lanjut terhadap warga sipil dari wilayah kota, menyuruh mereka menuju ke selatan ke Rafah atau ke barat. Pada Minggu malam, ada laporan bentrokan antara Hamas dan pasukan Israel satu mil dari kota.

Ismael al-Thawabteh, direktur jenderal kantor media pemerintah di Gaza, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa lebih dari 700 warga Palestina telah terbunuh dalam waktu 24 jam hingga siang hari. Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas kemudian mengatakan bahwa 15.523 warga Palestina telah tewas sejak dimulainya perang, termasuk 316 orang tewas dan 664 orang terluka “dalam beberapa jam terakhir”.

Menurut badan kemanusiaan PBB, OCHA, diperkirakan 1,8 juta orang menjadi pengungsi internal, naik dari angka sebelumnya sebesar 1,7 juta. Gambar menunjukkan warga Palestina berusaha meninggalkan sebagian wilayah Khan Younis sejalan dengan tuntutan Israel untuk mengungsi.

Perang Sulit

Pada Sabtu malam, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pada konferensi pers bahwa ia telah mengarahkan militer untuk menyerang Gaza dengan “kekuatan yang semakin besar”, dan ia mengulangi bahwa tujuan negaranya adalah untuk melenyapkan Hamas sebagai kekuatan politik dan militer di Gaza.

“Warga Israel, kita berada di tengah-tengah perang yang sulit dan pahit, namun tidak ada perang yang lebih adil. Ini adalah perang untuk negara kita,” kata Netanyahu. “Perang yang sulit masih menghadang kita, namun pada akhirnya kita akan menang”.

Revisi rencana Israel diperkirakan akan melibatkan pengeboman intensif di daerah-daerah yang dievakuasi sebagai awal dari operasi darat di selatan, yang diperkirakan akan mencoba merebut Khan Younis, tempat yang diyakini sebagai basis kepemimpinan Hamas. Militernya juga ingin mengonsolidasikan kendali di wilayah utara.

Pasukan Pertahanan Israel merilis peta pada Jumat yang membagi Gaza menjadi ratusan distrik kecil. Mereka telah mulai meminta warga sipil untuk mengungsi dari daerah tertentu sebelum, operasi militer dimulai, menyebarkan selebaran untuk memperingatkan masyarakat agar mengungsi dan mengirimkan peringatan melalui telepon seluler.

Exit mobile version