BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pertarungan Anies melawan Prabowo melawan Ganjar

Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Survei tersebut menampilkan bahwa pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud Md unggul atas pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Survei ini dilakukan pada 26 hingga 31 Oktober 2023 dengan melibatkan 2.400 responden. Responden dipilih secara acak atau multistage random sampling di 38 provinsi. Metode survei yang digunakan adalah wawancara tatap muka. Survei ini memiliki margin of error +/- 2% dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95%.

Dalam survei tersebut, Charta Politika menanyakan kepada responden mengenai pasangan calon mana yang mereka pilih jika pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan pada hari ini. Hasilnya, pasangan calon Ganjar-Mahfud mendapatkan persentase tertinggi yaitu 36,8%, diikuti oleh pasangan calon Prabowo-Gibran dengan 34,7%, dan pasangan calon Anies-Cak Imin dengan 24,3%. Sementara itu, persentase responden yang memilih TT/TJ mencapai 4,3%.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menjelaskan bahwa terdapat perbedaan tipis antara pasangan calon Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran. Meskipun terdapat selisih sekitar 2,1%, hasil survei ini tidak berbeda banyak dengan periode survei sebelumnya yang dilakukan pada 13-17 Oktober.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses link berikut: [Klik di sini](https://news.detik.com/pemilu/d-7021577/survei-charta-ganjar-mahfud-36-8-prabowo-gibran-34-7-amin-24-3)

Exit mobile version