BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan
Berita  

Pertandingan Ganjar Vs Prabowo Vs Anies

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) telah merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur mengenai elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden yang sudah mendaftar di KPU. Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menduduki peringkat teratas.

Menurut survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 40,1%. Selanjutnya, Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan elektabilitas sebesar 35,9%. Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 22,2%. Sebanyak 1,8% responden belum memutuskan pilihannya.

Dalam simulasi pemilihan presiden dengan dua nama, Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar-Mahfud. Prabowo-Gibran juga tetap unggul jika berhadapan dengan Anies-Muhaimin. Elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 57,2% jika berhadapan dengan Ganjar-Mahfud yang hanya mendapatkan 39,4%. Sementara, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 53,7% jika berhadapan dengan Anies-Muhaimin yang hanya mendapatkan 37,5%.

Namun, jika Ganjar-Mahfud berhadapan dengan Anies-Muhaimin, maka pasangan Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Timur. Elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 42,9%, sedangkan elektabilitas Anies-Muhaimin sebesar 40,2%. Sebanyak 16,9% responden belum memutuskan pilihannya.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, menjelaskan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran cenderung menguat jika berhadapan dengan Ganjar-Mahfud MD. Ia juga menambahkan bahwa suara basis NU cukup kuat untuk pasangan Anies-Muhaimin.

Survei ARCI dilakukan pada tanggal 22-27 Oktober 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Sumber:
https://www.detik.com/jatim/berita/d-7014552/simulasi-2-paslon-versi-arci-prabowo-gibran-ungguli-ganjar-mahfud-di-jatim

Exit mobile version