BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan prabowo subianto
Berita  

Pergerakan Saham Erick Thohir Meluncur setelah Isu SKCK Sebagai Cawapres Prabowo Menyebar

Pergerakan Saham Erick Thohir Meluncur setelah Isu SKCK Sebagai Cawapres Prabowo Menyebar

Jakarta – Sosok Menteri BUMN sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim, Erick Thohir, saat ini tengah ramai menjadi perbincangan publik dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu karena dirinya marak digadang-gadang sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres), untuk mendampingi Prabowo Subianto dalam gelaran Pilpres yang bakal digelar Februari 2024 mendatang. Meskipun secara politis kemungkinan duet tersebut belum bisa dikonfirmasi, namun imbas dari meningkatnya sorotan publik terhadap Erick Thohir itu nyatanya sudah berdampak pada sejumlah saham dari kanal-kanal gurita bisnisnya. Bahkan, sejumlah saham dari emiten-emiten terafiliasi Erick Thohir sempat menghijau pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 kemarin, usai dirinya mendapatkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang diterbitkan oleh Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Saham-saham tersebut antara lain seperti MARI (PT Mahaka Radio Integra Tbk) yang sempat meroket naik 34,18 persen, ABBA (PT Mahaka Media Tbk) naik 9,59 persen, MBMA (PT Merdeka Battery Material Tbk) naik 6,99 persen, dan TRIM (PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk) yang naik 6,30 persen. Kemudian, ada pula saham ADMR (PT Adaro Minerals Indonesia Tbk) yang naik 5,26 persen, BFIN (PT BFI Finance Indonesia Tbk) naik 4,57 persen, serta ADRO (PT Adaro Energy Indonesia Tbk) yang juga naik 2,53 persen.

Meski demikian, pada perdagangan hari yang sama, ada pula saham-saham terafiliasi Erick Thohir yang memerah anjlok. Misalnya seperti GOTO (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk) yang turun 3,08 persen, dan MDKA (PT Merdeka Copper Gold Tbk) yang juga anjlok hingga 3,49 persen.

Namun, pada pembukaan perdagangan hari ini, Jumat, 20 Oktober 2023 sekitar pukul 09.30 WIB, pantauan VIVA Bisnis di RTI justru memperlihatkan sebaliknya. Dari 9 saham emiten-emiten terafiliasi Erick Thohir tersebut, hanya saham BFIN yang menghijau naik 15 poin atau 1,36 persen di level 1.120. Sementara, saham-saham lainnya yakni MARI turun 6,87 persen, ABBA turun 3,53 persen, MBMA turun 3,47 persen, TRIM turun 0,78 persen, ADMR turun 4,82 persen, ADRO turun 1,77 persen, GOTO turun 4,69 persen, dan saham MDKA juga turun 1,21 persen.