BeritaBerkala: Portal Informasi Harian hingga Bulanan prabowo subianto
Berita  

Menghasilkan Jutaan Rupiah per Bulan dengan Memanfaatkan Sayuran sebagai Peralatan Mandi

Menghasilkan Jutaan Rupiah per Bulan dengan Memanfaatkan Sayuran sebagai Peralatan Mandi

Jumat, 20 Oktober 2023 – 13:09 WIB

Jombang – Benar-benar kreatif, hal yang dilakukan Lutfil Hakim, warga asal Desa Denanyar, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di tangan pria berusia 48 tahun tersebut, sayuran gambas diubah menjadi kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

Tanaman sayuran gambas diubahnya menjadi peralatan mandi. Mulai dari gosokan punggung, hingga alat untuk membalur tubuh dengan sabun cair. Hakim mengaku bahwa ia sudah menekuni usaha ini selama tiga bulan terakhir. Dalam sebulan, ia sudah mampu menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Dalam sehari, Hakim bisa memproduksi 30 kerajinan tangan berbahan dasar gambas, dengan bantuan seorang karyawan. Hasil produksinya langsung diminati oleh pasar. Untuk setiap hasil karyanya, Hakim menjualnya dengan harga berbeda. Alat gosok mandi biasa dijual dengan harga yang cukup murah, sedangkan alat gosok punggung dibandrol dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan memiliki harga jual yang tinggi, Hakim mampu mendapatkan omzet yang cukup besar setiap bulannya. Ia bisa menjual 400 hingga 500 biji kerajinan tangan berbahan dasar gambas dalam sebulan. Kelebihan kerajinan tersebut adalah ramah lingkungan, sehingga mendapatkan minat pasar yang tinggi.

Permintaan pesanan pun terus berdatangan dari berbagai daerah, mulai dari Jombang, Mojokerto, Surabaya, hingga Yogyakarta. Salah satu pelanggan, Faiz, datang dari jauh, yaitu Probolinggo, untuk membeli kerajinan tangan karya Hakim. Ia memilih kerajinan tersebut karena bahan yang ramah lingkungan. Faiz juga menjual kembali kerajinan tersebut di pasar.

Hakim berharap usahanya ini terus berkembang dan mampu memberikan lebih banyak manfaat tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk lingkungan sekitar.